Search in My Blog

Memuat...

Rabu, 16 Januari 2013

[TIPS] MEMBUAT BATERAI NOTEBOOK / NETBOOK LEBIH AWET

Siapa yang tak ingin baterai di Notebook atau Netbook-nya awet atau tahan lama alias tidak gampang rusak ? Tentu semua orang yang memiliki Laptop ingin hal tersebut. Tak terkecuali saya yang sehari-hari berhubungan dengan Notebook yang notabene amat sangat diperlukan untuk menunjang kinerja saya.

Tentunya dari pengalaman-pengalaman dan pemakaian-pemakaian baterai yang saya alami selama ini, yang bersinggungan dengan Notebook / Netbook. Saya akan coba menjelaskan beberapa hal yang mungkin bisa menjadikan kita lebih hati-hati untuk memperlakukan Notebook/Netbook agar tidak menyesal di kemudian hari. Seperti yang pernah saya alami [hehehe ...] . Adapun perlakuan yang saya terapkan , adalah :

1. Jangan Pernah Melepas Baterai Saat Menggunakan Notebook/Netbook


  • Walaupun Anda menggunakan dalam jangka waktu yang lama . Mungkin Anda akan menggunakan Notebook/Netbook seharian atau bisa juga sehari semalam Anda akan menggunakannya. Sangat disarankan untuk tidak melepas baterai dari Laptop Anda ! Karena jika tegangan listrik di tempat Anda tidak stabil , maka akan mengakibatkan kerusakan pada Motherboard atau VGA Card Anda. Untuk baterai Laptop jaman sekarang tentu sudah dibekali dengan kemampuan untuk memutus aliran listrik jika baterai sudah penuh secara otomatis.

2. Usahakan Untuk "Meng-istirahatkan" Laptop Anda Sebentar


  • Di saat kita menggunakan Laptop untuk pekerjaan sehari-hari, dan Laptop tersebut kita gunakan mungkin lebih dari 6 jam atau bahkan bisa lebih, seperti yang saya alami sekarang. Usahakan untuk mengistirahatkan untuk sesaat saja di saat kita menggunakan Laptop dalam jangka waktu yang lama. Karena komponen yang ada di dalam Laptop , termasuk baterai tentu perlu untuk di istirahatkan sejenak. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Laptop juga barang elektronik yang rentan akan rusak jika kita terlalu memaksanya untuk terus bekerja.

3. Install Software Untuk Memantau Kondisi Baterai Notebook/Netbook


  • Tentu kita juga tidak mengetahui bagaimana kondisi baterai Laptop yang kita gunakan. Nah, tidak ada salahnya kita install software pihak ketiga yang meng-informasi-kan kondisi terkini dari baterai Laptop kita. Lebih-lebih lagi jika software itu mampu juga menge-cek kondisi suhu dari Laptop atau baterai. Sehingga kita bisa mengantisipasi kemungkinan over heat yang sering terjadi pada beberapa komponen Laptop. Seperti yang pernah saya alami beberapa waktu lalu, membuat Laptop saya VGA-nya terbakar [hahaha ...] . Ada banyak software yang beredar di internet, semisal Battery Bar , Battery Life dan masih banyak lagi .

4. Install Software Untuk Memantau Kondisi Suhu Notebook/Netbook


  • Tak jauh beda dengan software untuk memantau kondisi baterai Laptop yang saya katakan tadi. Software ini juga kita perlukan untuk selalu tahu bagaimana kondisi suhu di Laptop. Ada juga software yang tentu memberikan kita informasi yang lengkap tentang kondisi suhu dan kondisi baterai Laptop kita. Kalau bisa ada informasi tentang pengaturan putaran fan Laptop, kondisi Harddisk, dan kondisi suhu Prosesor atau VGA Card Laptop kita.

5. Matikan  Beberapa Aplikasi Yang Tidak Terpakai

  • Ada kalanya kita tidak memerlukan aplikasi yang sedang berjalan di Laptop. Semisal Wifi , disaat kita tak menggunakannya untuk jangka waktu yang lama, lebih baik kita matikan saja. Browser yang terbuka lama, padahal kita tidak menggunakannya, tentu akan memberatkan kerja memori Laptop dan juga memboroskan baterai Laptop. Kita bisa cek aplikasi-aplikasi yang tidak dipakai lewat Task Manager . Dan kita bisa Turn-Off untuk sementara waktu.

Beberapa tips diatas adalah hal-hal yang pernah saya alami selama saya memakai Notebook/Netbook , dalam jangka waktu yang tidak sebentar menurut saya. Mungkin bisa menjadi referensi Anda semua yang sedang mencari tips untuk memelihara baterai Laptop menjadi lebih awet. Dan tentunya juga bisa untuk menjaga kondisi Laptop kita yang notabene butuh perawatan seperti barang-barang elektronik lainnya.


Mungkin ada beberapa tips yang kurang berkenan atau berbeda dengan kondisi yang Anda hadapi sekarang, Anda bisa menambahkannya lewat Komentar di bawah ini [hehehe ...] . Terima kasih atas kunjungannya di Blog saya yang amburadul ini [hihihi ...] .

22 komentar:

  1. kalo buat asus x201 kan itu ga bisa dicopot. boleh dong berati setiap hari di cas sambil pake laptopnya. ngga bakal mengurangi ketahanan batre kan. ya udah tau juga kan kalo x201 cuma tahan sebentar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupp .. betul sekali. Karena , teknologi batrei sekarang kan sudah canggih.

      Hapus
    2. ngomong2 nih mending pilih mana ya asus x201 apa acer 756 :D ane bingung gan. body lebih cantik x201 harga juga lebih murah, tapi batrenya gan ane ragu kecil kayanya ya, ngecas juga lama katanya? berapa lama gan buat cas? kira2 kuat ngga buat ngerjain tugas sambil internetan, game mah ga penting2 amat. terus suka ngelag ngga kalo multitasking? soalnya skor procie cuma 3.9

      Hapus
    3. Body memang lebih cantik, hehe.. Kalau dilihat prosesor lebih gegas Acer, dan batrei serta memori bisa pasang copot sedangkan Asus tidak alias menyatu dengan Mainboard. Untuk pengecasan Asus jg agak lama dan hanya bertahan sekitar kurang lebih 3jam saja. Kalau untuk mengerjakan tugas sehari-hari sih masih bisa kok, meski skor 3,9 dan masih tinggi milik Acer tapi masih mampu menjalankan secara multitasking. Saya menggunakan sudah cukup lama, belum saya temui lag saat multitasking. Untuk pilihan tergantung Anda, budget juga menentukan. Sepertinya lebih mengarah ke Acer, jika mengesampingkan bentuk body.

      Hapus
    4. ane bingung banget gan, budget 3,5 jt ada 2 pilihan itu, yg satu body lebih oke yg satu kayanya lebih unggul performa. ane lebih suka yg asus sih lebih kompak gitu bentuknya keyboad juga lebih enak kayanya. cuma itu 1 di multitasking takut banyak laggy, procie 3.9. sama batre yg ngga sebanding katanya :D masa cas bisa 4-5 jam cuma tahan paling banter 3 jam. nanti tugas2 ane gimana kalo mau dibawa sekolah keabisan buat ngecas

      Hapus
    5. Ya kalau seperti itu mendingan Acer aja deh. Secara di harga terpaut lumayan sih, di kota tempat saya tinggal ,Asus masih di kisaran 2,8-3juta kok, entah kalau di kota Anda. Di hardware sepertinya unggul Acer juga tuh dan bisa upgrade dengan mudah, beda dgn Asus yg harus dibawa ke Service Center kalau ingin upgrade hardware. Entah kalau dgn kemampuan batrei-nya, apakah sama ? Perihal body yg memikat pun itu tergantung selera, kalau tak memikirkan penampilan sih lebih memilih Acer ya, hehe.. keyboard pun belum tentu nyaman di masing2 individu, tergantung pemakainya kok.

      Hapus
    6. kalo menurut agan, x201e yg agan pake kekurangannya apa?

      Hapus
    7. Kekurangan sih tetap ada ya di tiap produk apapun. Kalau yg aku rasakan sih pastinya durasi batrei yg amat sangat gak membantu buat pekerjaan mobile. Gak bisa buat main game yg berat2 tentunya,klo sekedar game ringan sih bisa kok. Kondisi hardware yg serba di solder jadi satu dgn mainboard, semisal memori dan batrei. Secara, mereka komponen penting juga kan ?

      Hapus
    8. iya pasti. nah itutuh batre aja yg ane ragu

      ada rekomendasi ngga gan notebook dibawah 5 juta

      Hapus
    9. Kalau notebook di bawah 5juta sih banyak kok, entah itu Asus atau merk lain. Tapi dengan harga segitu mungkin yg bisa di dapat spesifikasi yg masih rata2 untuk pekerjaan yg ringan saja. Semisal Asus X45U atau Acer V5-471, itu masih dibawah 5juta.

      Hapus
  2. Tip untuk asus x201 dong.sy bru beli,so apa aja yg perlu untuk netbook ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang pastinya sih memakainya dengan normal ya, dan bisa baca juga cara menjaga agar notebook lebih awet di --
      http://joemulyono.blogspot.com/2013/01/cara-menjaga-keawetan-notebook-atau.html
      Pada dasarnya tips tersebut umum tapi pada seri Asus X201E ini pastinya perlakuannya lebih khusus lagi. Mengingat hardware yang serba solder jadi satu dengan Motherboard. Terima kasih.

      Hapus
  3. maaf sir,,tau info aksesoris buat asus x201e ni gak,,sya kesulitan untuk cari tasnya nih..
    thanks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk aksesoris resminya sih agak sulit ya mbak, tapi kalau aksesoris tas merk lain misalnya Xgear atau Eiger sih mudah kok. Di toko aksesoris komputer saya rasa banyak, cari saja yg ukuran tasnya bisa kisaran 12inch ke atas. Terima kasih .

      Hapus
  4. mas, mau nanya, saya klo beli asus x201e gimana ya menurut mas, penggunaan saya hanya di browsing, download, office, sama nonton, nah, nonton sama download yang mungkin agak berat, lepi saya sebelumnya koit gara2 download 2 hari dua malem kagak idtirahat2, koit setelah 2 tahun pemakain, nah klo nonton, takut ngelag, karena ada pilem bluray yg 720p sama 1080p, kayak nonton di lepi adek ane mas, asus x43u, trus terakhir mas, klo dibndingkn sama leptop asus x43u dari perfomanya aja gimana ya mas, hehehehe.... maaf mas bnyak nanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Dimaz yg doyan nonton+download,hehe.. Kalau menurut saya sih tidak recomend banget pakai Asus tipe ini. Karena, menurut cerita Anda yg donlot sampe 2hari-malam gak mati,tentu akan sangat membuat hardware bekerja extra. Hingga "mereka" mentok sampe gak bisa "hidup" lagi,hehe.. Kalau dengan Asus x43u yg berprosesor AMD E350, tentu masih unggul procie teranyar dari x201e. Dan juga RAM yang menurut saya juga ribet untuk upgrade, sama2 harus dibawa ke Asus Center. Kalau bisa jangan mengunakan notebook atau netbook untuk bekerja tanpa henti, istirahatkan dulu beberapa jam, jika ANda menggunakan lebih dari itu. Karena komponen atau hardware juga ada maksimalnya. Untuk tipe x201e lancar kok muter film 720p dan 1080p,saya juga suka nonton soalnya,hehe.. Mending pilih tipe lain yg bisa upgrade hardware sewaktu2 dan gak ribet nantinya.Terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus
  5. iya mas, sekarang udah kapok donlot lama2, mau coba saran mas, setelah 6 jam pemakaian, mw di istirahatkan, untuk pemutaran pilem HD 720 - 1080p ga ada lag ya mas, soale nyoba di lepi adek saya, asus x43u lag tenan mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... dulu awalnya saya juga gitu mas, sampe 3hari pernah gak mati tuh laptop, akhirnya lama2 jebol juga,sampe marah2 orang rumah. Sekarang sih gak lagi gitu, istirahatkan aja dulu jika sekiranya mau lanjut lebih lama lagi. Saya sudah coba untuk muter film 720p ama 1080p gak ada lag kok. Saya pake codec K-Lite codec pack, muternya pake Windows Player aja kok.

      Hapus
  6. alhamdulillah mas, X201 saya dah nyampe, karena masih dos, oleh pihak penjual di instal windows 7 32 bit, tapi saya kepingin mencoba windows 8 64 bit, yang dari ulasan mas sesuai untuk x201, trutama drivernya. untuk windows 8nya, karena saya ga punya uang banyak sebaiknya, apakah saya donlot aja dari stusnya mas, ato beli OS windows 8bajakan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah .. akhirnya Mas Dimaz sdh menentukan pilihan,hehe,,Apakah sdh di-tes Win7 32bit-nya? wifi atau sound-nya yg sering gak nyambung, Jika ingin Win 8 64bit bisa download di situs Microsoft-nya. Saya baca di surat kabar, Microsoft memangkas harga Win 8 Pro 32/64bit,coba ditanyakan di toko resmi Microsoft di-kota Anda. Kalau tak salah harganya kurang dari 1juta. Saya tak menyarankan untuk download/beli yg ilegal, download/beli saja yg legal. Karena, itu kembali pada keputusan masing2 individu. Terima kasih.

      Hapus
  7. sound nya bgus mas, wifi nya yang bermasalah, ga bisa dihidupkan, mungkin nanti dicoba lagi setelah install windows 8

    BalasHapus
    Balasan
    1. OK Mas Dimaz, selamat mengutak-atik laptop barunya .

      Hapus

Terimakasih Atas Komentar Anda

< >