Search in My Blog

Memuat...

Rabu, 02 Januari 2013

[REVIEW] NOTEBOOK ASUS X201E

Pertama kali melihat Notebook ini adalah AWSOMENESS !! Tipis dan ringan !! Persis seperti yang selama ini saya cari dan inginkan. Notebook yang tipis dan ringan. Tak masalah jika harus mengorbankan slot DVD-RW yang tak disertakan dalam fisik Notebook ini. Toh, saya sudah punya Portable DVD-RW LG yang baru saya beli beberapa hari sebelum membeli Notebook ini.

Notebook ASUS X201E atau mungkin bisa disebut Netbook ini, karena ukuran layarnya yang hanya 11.6 inchi. Hampir 12 inchi menurut saya. Jadi lebih nyaman kalau hanya dengan ukuran layar segini yang notabene fungsinya hanya untuk tugas-tugas kantor saya yang hanya [LAGI] membutuhkan ketik mengetik dan sedikit sekali untuk pekerjaan "berat-berat". Seperti pekerjaan yang membutuhkan Program Autocad, Photoshop, Corel Draw yang sangat membutuhkan spesifikasi komputer atau laptop yang mumpuni.Terdapat beberapa warna casing yang ditawarkan ASUS, mungkin sekarang kan jaman-nya gadget berwarna-warni.

Promosi Dari ASUS

Tampak Belakang



Tampak Depan

Udara Panas Keluar

Keyboard

USB 3.0

Standart

Tampak Bawah

MMC Tak Masuk Full


Spesifikasi Notebook ASUS X201E :

  • Prosesor             : Intel® ULV Celeron® 847 Processor
  • Chipset               : Intel® HM76/HM70 Express Chipset
  • Memori              : DDR3 1333 MHz SDRAM, OnBoard Memory 4 GB
  • Display               : 11.6" 16:9 HD (1366x768) LED Backlight
  • Grafis                 : Integrated Intel® HD Graphics
  • Storage               : 320GB RPM
  • Card Reader       : 2 -in-1 card reader ( SD/ MMC)
  • Kamera              : HD Web Camera
  • Networking        : Terintegrasi 802.11 b/g/n , Built-in Bluetooth™ V4.0 10/100 Base T
  • Interface             : 1 x COMBO audio jack, 1 x VGA port/Mini D-sub 15-pin for external monitor, 1 x USB 3.0 port(s), 2 x USB 2.0 port(s), 1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert, 1 x HDMI, 1 x Headphone-out jack (Audio-in Combo).
  • Audio                 : Built-in Speakers And Microphone
  • Baterei               : 2-Cell Battery
  • Adaptor Daya    : Output : 19 V DC, 1.75 A, 33 W, Input : 100 -240 V AC, 50/60 Hz universal.
  • Dimensi             : 30.3 x 20.0 x 2.12 cm (WxDxH)
  • Berat                  : 1.30 kg (with Polymer Battery)
  • Jaminan             : 2 tahun garansi hardware global. *berbeda di setiap negara, 1 tahun garansi baterai, Resolusi masalah secara on-line melalui tampilan antarmuka web (BIOS, update Driver), Konsultasi install/uninstall Sistem Operasi (Windows® 8 ), Konsultasi install/uninstall perangkat lunak yang terpaket, Perangkat lunak pendukung ASUS.
Melihat spesifikasi yang diberikan, tentu jangan berharap yang lebih lagi untuk bisa main game berat atau menjalankan program-program yang membutuhkan spesifikasi di atas notebook ini. Dengan Keyboard berdesain mirip Macbook yang tentu memberikan kesan yang elegan serta ada slot USB 3.0 walau hanya 1 slot saja. Banyak yang beranggapan jika USB 3.0 ini mempunyai kecepatan baca dan tulis yang sangat "FAST" alias cepat dan gegas. Saya buktikan dengan transfer file film yang berukuran 900MB, melalui media Flashdisk ADATA C906 / 16GB ke Harddisk Notebook dan membutuhkan waktu sekitar 45 detik. Dengan kecepatan rata-rata 19.0MB/s. Menurut saya sih belum terpenuhi kecepatan yang digaungkan oleh beberapa media, ataukah ada software khusus untuk bisa mencapai kecepatan transfer file yang seperti diberitakan beberapa media tentang USB 3.0 ini. Mungkin akan saya cari tahu software yang dimaksud untuk sekedar tahu yang sebenarnya tentang USB 3.0 ini.

Kecepatan Transfer File Dengan USB 3.0

Untuk urusan Audio yang tertera di casing Notebook adalah dari SonicMaster yang mengedepankan kualitas suara vokal dan bass yang tajam. Tapi menurut saya suara yang dikeluarkan dari Notebook ini belum mengena di telinga saya, ataukah ada software lagi yang mengatur kualitas output dari speaker bawaan Notebook yang terlewatkan untuk saya install. Kualitas suara yang standart tapi masih ada kualitas di atas rata-rata Notebook lain yang saya miliki, jernih dan agak nge-Bass .

Beberapa Kelebihan Yang Dibawa Notebook ASUS X201E
Menurut si penjual Notebook ini sih hanya bisa di-install OS Windows 8 yang 32-bit dan 64-bit. Belum saya coba untuk yang 32-bit, di website ASUS dibagian download driver terdapat Windows 7 64-bit. Maka nanti mungkin saya coba untuk install Windows 7 64-bit jika Windows 8 ini sudah habis masa aktifnya. Tapi sangat disarankan untuk meng-install yang 64-bit saja, karena kapasitas RAM yang sudah 4GB. Apalagi saya ingin mencoba yang 64-bit yang selama ini membuat saya penasaran. Seberapa enak sih sistem 64-bit ? Maka di-install-lah Notebook ini dengan OS Windows 8 Enterprise Build 9200 64-bit Trial, karena saya belum bisa beli yang ori.

Beberapa Screenshot yang saya ambil dari Windows 8 yang di-install :


Tampilan Windows 8

Another Windows 8

Apps

Menu Apps

Fitur Pencarian

Bing Search


Lalu saya instal CPU-Z untuk mengetahui spesifikasi yang sebenarnya tertanam di Notebook ASUS X201E ini. Ini screenshot-nya :












Belum puas dengan hasil CPU-Z , saya install lagi Software System Ninja versi 2.4. Hasil screenshot-nya :










Untuk Windows Experience Index yang diperoleh dari Notebook ini adalah, Base Score di 3,8 saja. Mengingat dari segi Prosesor saja yang hanya Intel® ULV Celeron® 847, yang menurut saya cuma rata-rata di atas Prosesor Netbook yang ada di pasaran saat ini.

Windows Experience Index


Beberapa software yang coba saya instal di Windows 8 ini yang kabarnya belum banyak yang kompatible dengan OS yang fresh from the oven ini . Saya coba screenshot beberapa software yang berhasil saya instal :

1.  System Ninja
Software ini saya suka karena fungsinya yang menurut saya sangat memuaskan. Fungsi software ini adalah untuk membersihkan "sampah" dan file temporary yang ada di Harddisk yang sangat memberatkan Windows jika banyak menumpuk dalam waktu yang sangat lama.

System Ninja

2.  Revo Uninstaller
Software untuk meng-uninstall beberapa software yang tertanam di Windows . Banyak kemudahan yang diberikan software ini, kita tak akan menemukan kesulitan untuk uninstall software.

Revo Uninstaller

3.  Microsoft Office 2010
Saya mencona install yang versi 2007, ternyata TIDAK BISA ! Dari pada tak bisa ketik-ketik tugas kantor maka saya putuskan untuk install yang versi 2010. Ternyata BISA !

Microsoft Excel 2010

Microsoft Word 2010

Microsoft Office 2010

4. Mozilla Firefox 17.0.1
Siapa sih yang tak tahu tentang browser yang satu ini ? Semakin hari Mozilla semakin banyak yang menggunakan di berbagai OS seperti Windows, Linux, Android dan lain sebagainya. Versi yang terbaru adalah 17.0.1. Untuk versi 18 masih dalam pengembangan menurut situs Mozilla.

Mozilla Firefox 17.0.1

Membuka Situs Google

5. Internet Download Manager 6.14 Build 3
Downloader manager yang sangat terkenal di kalangan para maniak downloader. Bagi yang hobi download berbagai file dari internet yang berukuran besar ataupun kecil, software ini wajib untuk di-install. Kemampuannya untuk memecah file saat download dan menyatukan kembali file tersebut adalah sangat bermanfaat untuk mempercepat speed dari proses download tersebut.

Coba Download Film Frankenweenie

Internet Download Manager

Versi 6.14 Build 3
6. Modem ADVAN JETZ DT-8
Dengan adanya modem ini tentunya saya bisa terhubung dengan internet setiap saat dan di manapun saya berada.

Dengan Kartu Three

7. Winrar 4.20 64-bit
Tentunya tak ketinggalan software yang satu ini, yang berguna untuk meng-ekstrak file yang ter-enkripsi atau untuk meng-kompres file.

Winrar

Versi 4.20 64-bit

Untuk software yang lain belum saya coba install di Notebook ini. Mungkin nanti akan saya coba install seperti Autocad 2007 dan Photoshop CS 4. Apakah kompatible atau tidak akan tahu setelah di-install. Ada banyak perubahan yang terjadi di tampilan Windows 8 ini dan mungkin sudah banyak situs-situs di internet yang membahas tentang hal ini. Saya hanya ingin menambahkan saja di blog saya ini. Beberapa screenshot yang saya ambil untuk sekedar perbandingan dengan Windows 7 :

Task Manager

Windows Explorer

Internet Explorer

Transfer File

Untuk acara ketik meng-ketik tentu Notebook ini sudah cukup mampu untuk melaksanakan pekerjaan itu. Untuk game-game ringan seperti Angry Bird atau Astro Avenger dan semacamnya menurut saya cukup mampu dengan Kartu Grafis bawaan Notebook ini. Tapi belum saya coba sama sekali, karena baru kemarin saya beli Notebook ini dengan harga Rp 2.850.000,- di salah satu gerai yang hanya menjual produk ASUS di HitechMall.

Sekian saja yang bisa saya utarakan walaupun tak banyak yang bisa saya tulis di blog saya yang amat sangat banyak kekurangan disana-sini ini. Saya menggunakan Notebook ASUS X201E untuk mengetik blog ini dan belum saya rasakan panas yang amat sangat mengganggu yang keluar dari casing Notebook ini.

Mohon kritik dan saran yang amat sangat saya butuhkan agar saya bisa betah menulis di blog saya ini. Terima kasih atas waktu Anda untuk membaca sekilas review atau apalah namanya tentang Notebook yang masih baru ini.

UPDATE:  
Ternyata Notebook tipe ini , tidak terdapat  adanya fasilitas Bluetooth . Jadi tidak bisa untuk kirim-kirim file lewat Bluetooth . Bagi yang kesulitan dengan indikator wifi yang tak muncul pada Windows 7 64bit tapi sudah install driver dengan benar, atas saran salah satu user disini bisa download driver wireless milik Asus X45A DISINI . Setelah di uji ternyata indikator wifi on bisa berfungsi seperti layaknya pada OS Windows 8 64bit .

196 komentar:

  1. Terima kasih review singkatnya pak.
    Saya jg ingin beli netbook ini tp ingin tau dl ketahanan batreinya,
    Kalo cm bwt ngetik2 tahan brapa jam pak batrenya?
    Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Risma : Untuk ketahanan batereinya saat saya menggunakan untuk mengetik tugas kantor dan browsing,masih bisa bertahan kurang lebih 4jam,menurut saya sih semua tergantung pemakaian itu sendiri. Saya sdh mencoba nyala selama 24jam full tanpa mati, kondisi permukaan laptop masih dingin,jadi masih nyaman untuk ketik atau browsing yg membutuhkan waktu yg agak lama.Terima kasih sdh mampir ke blog saya.

      Hapus
  2. Oiya, score untuk prosesor di windows experience index nya brapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Risma : Score-nya masih saya lakukan pengecekan, nanti saya upload di blog. Terima kasih atas kunjungannya di blog saya. Saran dan kritik sangat saya perlukan.

      Hapus
    2. Untuk score prosesor di windows experience index-nya sudah saya upload di blog saya mbak risma. Trims atas masukannya. Di tunggu kritik dan saran-nya.

      Hapus
  3. saya install pake win7 64bit. driver download dari web asus. yg sy bingung bagaimana cara mengoperasikan webcamnya? driver webcam tertulis working properly di dev manager tapi sampe skrg sy blm bisa gunakan webcamnya. indikator wifi juga tidak mau menyala walopun internet connect n bisa browsing. mohon bantuannya :) thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk webcam-nya coba install software dari pihak ketiga,semisal Cyberlink YouCam,ManyCam dll yg byk beredar di internet,cari yg free saja. Untuk indikator wifi yg tak mucul walau sdh connect,apakah sdh customize indikator di taskbar-nya? untuk dipilih di settingan wifi-nya "show icon and notifications" . Untuk menyalakan dan mematikan wifi, tekan Fn + F2 ,hingga muncul notifikasinya. Terima kasih atas kunjungannya ke blog saya.

      Hapus
    2. Webcam sudah berhasil difungsikan dengan menginstall LifeFrame 3 Utility dari web Asus serta jangan lupa untuk menginstall driver "ATKACPI driver and hotkey-related utilities" agar bisa berfungsi. Webcam di Skype juga sudah berfungsi. Thx :)

      Hapus
    3. indikator wifi nya pake lampu pak trus yang mau saya tanyain kenapa kok gak nyala trus di nyalain pakek hotkey(fn+f2) gak bisa hotkeynya kok ada yang gak bisa digunakan

      Hapus
    4. gan nih ane baru instal windows 7 di asus x201e kok saat PREPARE YOUR COMPUTER FOR FIRST USE kok gak selesai-selesai gan... terpaksa ane hapus lagi os nya itu gan...


      mohon bimbinganya gan

      Hapus
    5. Windows 7 versi berapa mas? 32bit apa 64bit? Bisa juga installer Windows yang corrupt atau cacat, coba pinjam installer punya teman atau punya installer Windows yang lain?

      Hapus
  4. Mas admin saya rencana mau membeli (note/net)book ini
    Kalau mau upgrade ke ssd bisa bongkar sendiri atau harus ke asus center ya??
    Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau upgrade HDD ke SSD tentu harus ke pihak ASUS itu sendiri untuk mempertanyakan tentang hal ini.Karena, notabene Notebook ini masih baru dari ASUS.Secara, jika tak menggunakan SSD pun masih mumpuni kok dalam proses booting Windows,asalkan memakai Windows 8 yang terkenal gegas itu.Mohon maaf kalau belum bisa menjawab secara jelas.Terima kasih atas kunjungannya ke blog Saya.

      Hapus
  5. mas, saya udah punya notebook ini. cara pemakaian batre agar terpelihara (gak gampang lowbet) gimana caranya? soalnya batre notebook ini tidak bisa dibuka secara praktis.. mohon jawabannya....
    laptop yg saya pakai dulu, skrg udah cepet lowbet batreinya. untuk notebook baru yg ini gmw cepat lowbet lagiii...
    makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kondisi Anda persis seperti laptop saya waktu itu, baterai yg cepet rusak. Beberapa tips yang saya terapkan saat ini mungkin bisa sedikit membantu agar baterai laptop tidak cepet low batt atau bahkan rusak. BACA ARTIKELNYA DISINI [TIPS] MEMBUAT BATERAI NOTEBOOK / NETBOOK LEBIH AWET Terima kasih sudi mampir ke blog saya.

      Hapus
  6. mas, saya baru saja beli laptop asus ini kemarin, yang saya bingung, kan ini batrenya gak bisa dilepas ya, trus gimana kalau soak? apa mas punya tips jitu menjaga batre notebook asus ini gak cpet rusak? sblumnya, trimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Puspita , menurut saya walaupun baterainya bisa dilepas pun ,kita harus tetap menjaga kondisi baterai agar tetap awet alias gak gampang rusak,iya kan? ada tips yg mungkin bermanfaat bagi mbak puspita, KLIK di [TIPS] MEMBUAT BATERAI NOTEBOOK / NETBOOK LEBIH AWET kalau saya sebutkan disini tentu akan banyak mbak,hehehe .. Terima kasih sudah mampir ke blog saya.

      Hapus
  7. katanya kalo kita pakai laptop/notebook dalam waktu yg lama memerlukan adaptor, maka baterai nya harus di copot biar bisa tahan lama.. apa bener?
    terus kalau notebook ini yang baterainya sulit dicopot, kalau saya pengen pakai lama apa harus terus2an pakai adaptop sambil charging?
    atau pakai dulu,kalau lowbet lalu matikan biar di cas. lalu pakai lagi dalam keadaan tidak terpasang adaptor?
    saya masih bingung pakai notebook ini. mohon jawabannya. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut pengalaman saya dan teman2 saya,saat ini baterai laptop maupun adaptor sdh dibekali dgn pemutus daya jika baterai laptop sdh penuh,maka tak perlu untuk melepas baterai,jika Mbak Lita ingin menggunakan laptopnya dgn jangka waktu yg lama,sangat saya sarankan untuk tetap "mengistirahatkan" atau mematikan laptopnya untuk sementara waktu,sekitar 1/2jam mungkin jika pemakaian sdh mencapai 6jam lebih mungkin,agar komponen di dlm laptop maupun baterai tdk cepat rusak krn diajak bekerja terus.Lebih baik charge dulu sampai penuh baterainya,cabut adaptor,jika disaat penggunaan habis,charge lagi sampai penuh,begitu seterusnya.Baca juga artikel saya "[TIPS]MEMBUAT BATERAI NOTEBOOK LEBIH AWET".Mungkin kalau diterangkan dikolom komentar ini kurang jelas ,bisa baca artikel saya tersebut.Terima kasih atas kunjungannya Mbak Lita di blog saya.

      Hapus
  8. trimakasih pak info ny :)
    karena sy pun baru beli seminggu yg lalu. tp ada hal yg mngganjal dgn notebook ni,, ketahanan baterai ny apa memang tak bisa smpai 24 jam yah pak???

    BalasHapus
    Balasan
    1. ASUS sepertinya tak membuat baterai laptop ini bisa bertahan hingga 24jam,hehehe .. Mungkin karena itu dia bandrol dgn harga yg cukup terjangkau,desain yg cukup apik,termasuk bobot laptop yg ringan,ketebalan yg lumayan tipis,tapi mengorbankan di performa baterai yg kemampuannya masih standart. Apalagi dengan sistem baterai yg ditanam di body laptop, membuat konsumen agak ragu dgn produk ini. Mungkin itu jawaban yg bisa saya beri, mohon maaf kalau masih kurang puas dgn jawaban saya,hehe .. Terima kasih sudi mampir di blog saya.

      Hapus
    2. trmksh pak :)
      tadinya sy pikir ada masalah. soal ny benar2 gak tahan lama. jd hrs sll dcas.

      moga bisa tanya lagi lain kali ^^

      Hapus
    3. Sama - sama Pak . ^_^ Semoga bisa membantu dipertanyaan yg lain . :)

      Hapus
  9. saya sudah membeli produk asus x201e,, tapi terkendala masih belum bisa di install linux ubuntu 12.04 Lts...
    sudah hampir 1 bulan,,, mungkin ada pencerahan dari agan?
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ada salah satu driver yang belum kompatible dengan produk ini ,atau bisa juga dicoba live cd dulu distro yang lain, selain Ubuntu . Nanti akan saya coba instal juga distro Linux, apakah masih tetap tak bisa. Terima kasih sudah berkunjung dan masukannya .

      Hapus
  10. indikator wifi (lampunya) di laptop asus x201e saya tidak menyala walaupun internet bisa connect dan browsing dengan lancar (Win7 64-bit). Apakah ada driver yg blum saya install dengan benar? mohon info. Terima Kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coab di-instal lagi driver untuk wifi-nya. Mungkin tdk komplit waktu instal driver wifi-nya. Bisa juga waktu download driver wifi-nya tidak komplit atau ada file driver wifi yg error. Coba download driver wifi-nya lagi. Apakah hal ini sudah terjadi cukup lama ? Jika masih belum bisa, berarti ada sedikit kerusakan pada hardware lampu indikator wifi-nya. Bawa ke service center asus saja. Mohon maaf kalau jawaban yg saya berikan kurang memuaskan, terima kasih sudah berkunjung di blog saya.

      Hapus
  11. Mas admin,bulan kemarin saya beli netbook ini terus sekarang ada kendala ϑᵢ bagian fan prosessornya..terus gimana solusinya mas?kata teman,coba baterainya ϑᵢlepas dulu..lah gimana cara ngelepasnya ♡≈Ўªãª≈ mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fan processor-nya kenapa ya mbak ? Apakah memang benar Fan processor-nya? Kalau sudah mengarah ke hardware dan masih garansi, lebih baik dibawa ke service center saja, Mbak Indah. Amat sangat tidak saya sarankan untuk bongkar sendiri,karena produk ini masih brand new,jadi dgn adanya kendala hardware tentu service center adalah jalan yg bijak. Mohon maaf kalau jawaban yg saya berikan belum membuat anda puas. Terima kasih sdh berkunjung di blog saya.

      Hapus
  12. permisi, saya juga pengguna notebook ini baru sekitar seminggu kemaren saya beli, nasib saya juga seperti mas anonim, lampu indikator wifinya tidak menyala. tapi gapapa deh. yg mau saya tanya kenapa yah ngecharge batrenya lama banget? udah gitu pemakaiannya sebentar hanya sekitar 3 jam. apakah ada cara untuk menghemat batre? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba baca salah satu artikel saya , Pak ..

      http://joemulyono.blogspot.com/2013/01/cara-menjaga-keawetan-notebook-atau.html

      http://joemulyono.blogspot.com/2013/01/tips-membuat-baterai-notebook-netbook.html

      Hapus
    2. permisi untuk permasalahan lampu indikator wifi sepertinya sama semua mas punyaku juga tidak menyala, kalau gak salah di buku panduan bawaannya ada mas mengenai permasalahan itu . la wong driver bawaannya tuh hanya kompatible sama windows 8 jadi untuk driver yang windows 7 harus download di web nya asus, notebook saya

      Hapus
    3. Kalau untuk Windows 8 64bit bisa kok mas, cuma rata-rata yg memakai Win 7 tak bisa menyalakan indikator wifi-nya. Tapi wifi masih bisa berjalan normal kok.

      Hapus
  13. Saya mau nanya pak
    Kenapa ketika saya instal windows7 64bit selalu gagal padahal saya sudah update bios ke versi 26, mungkin bapak tau solusinya. makasih pak sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut keterangan di situs resmi Asus sih, ada dukungan untuk Windows 7 64-bit, tapi kenapa banyak yang mengeluh dengan tidak support-nya OS ini di-install di Laptop ini ? Berarti benar adanya, bahwa, sewaktu saya beli Laptop ini di salah satu gerai resmi Asus, menerangkan bahwa Laptop ini hanya untuk Windows 8 64-bit. Ketika saya tanya tentang OS Windows yang lain, mereka tak berani menjamin bahwa OS itu akan berjalan mulus atau lancar di Laptop ini. Coba Pak Chanks untuk meng-install OS Windows 8 64-bit. Sekalian untuk belajar tentang Windows baru, Pak. Terima kasih atas kunjungannya .

      Hapus
    2. permisi nih punya saya saya pasang os w7 ultimate gak ada masalah tuh cuman memang saya rasa nih hanya bisa untuk os 64 bit dan gak bisa untuk yang 32 bit

      Hapus
    3. Betul sekali mas Avan , memang lebih mengarah ke 64bit .

      Hapus
    4. tekan esc

      Hapus
  14. hallo bro,melihat basis yang digunakan (ulv celeron sandy bridge) sub notebook ini memiliki spesifikasi yang tidak terlalu jauh berbeda dengan acer aspire one 756 yg menggunakan celeron 877 (1,4ghz).

    yang ingin saya tanyakan apakah asus x201e ini mampu memainkan game seperti PES 2013 ???
    karena menurut salah satu media online (baca:jagatreview.com) acer aspire one 756 sendiri mampu untuk memainkan game tersebut

    terima kasih bro :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum mencoba game yang lumayan membutuhkan kinerja VGA dari Laptop ini. Tapi saya sudah meng-install Autocad 2007 32-bit, dan beberapa game ringan semisal Rescue Team dan Cake Shop 3. Semua berjalan lancar dan tak ada lag. Di-coba saja install game tersebut,nanti mas Dhanny bisa review disini. Terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus
  15. mohon jelaskan step by step instal awal laptop ini pak, sudah 3hari beli belum bisa dipake. saya menggunakan windows 8 64 bit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya belum bisa dipakai bagaimana ya ? Tapi sudah ter-install Windows 8 64-bit ? Install OS Windows versi apapun tetap sama kok, gak perlu ribet,yang terpenting adalah penempatan OS di drive mana. Jangan sampai tertukar dengan Drive penyimpanan data Anda. Misalkan, Drive C untuk OS, dan Dive D untuk Data dan seterusnya . Jangan lupa untuk selalu format drive sewaktu install OS. Terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus
  16. permisi juga mau nanya pak, ini sya juga ada mslh dgn indikator lampu device wifi gak mau nyalah driver uda di instal. sampe sya instal dualbootingb win 7 x64 sama win 8 x86 dan hasilnya sama g mau nyalah. Rencana mau instal win 8 yg x64 krn driver bawaany support 64bit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba install OS Windows 8 64-bit itu Pak,karena, saya juga menggunakan OS itu. Jika tetap tak terdeteksi, berarti ada hardware untuk wifi-nya yg bermasalah Pak, coba bawa ke Service Center Asus terdekat di kota Anda. Untuk memastikan apa yang dialami oleh Notebook Anda.

      http://id.asus.com/Static_WebPage/garansi_call_dan_service_center/

      Hapus
    2. curhat tmbahan pak, wifi bs konek dan ada tampilan launchernya wireless lan on (tekan fn+f2) tp lampu indikator gak mau nyalah. apa itu masalah pada driver atau hardware lampu pak. makasih sudah kasih pencerahan.

      Hapus
    3. Itu berarti ada masalah di hardware-nya ,Pak. Bawa ke service center-nya aja, tanya-tanya dulu di sana. Mumpung masih garansi. Terima kasih kembali.

      Hapus
  17. pak itu gimana ya cara mengatur kecerahan asus x201e? kok saya tekan tombol fn+F5 ga bisa ya? mohon infonya ya, trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punya saya bisa kok Pak. Coba tekan lagi Fn+F5 untuk mengurangi kecerahan dan Fn+F6 untuk menambah kecerahan. Atau, tekan notifikasi "BATERAI" di pojok kanan bawah atau Taskbar. Nanti akan keluar tulisan "Adjust screen brightness", klik saja. Lalu akan muncul pengaturan power4gear dan di bawah sendiri ada pengaturan screen brightness-nya. Terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus
    2. instal atk

      Hapus
  18. pak mw nannya , pny saya baru sebulanan, pertama-tama emang batre tahan 4jam, tp pas saya instal windows 7 kok cuma tahan 2 jam ya ? knapa itu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin di setting-an Power Plan yang belum di apa-apakan ya? Coba lah di setting lebih hemat lagi.

      Hapus
  19. permisi pak, saya ingin bertanya
    netbook asus x201E ini batre-nya emang ga bisa dicopot ya?
    soalnya slot buat nyopot batre-nya ga ketemu,
    trimakasih pak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya bisa donk, tapi musti copot casing secara keseluruhan. Sangat tidak disarankan untuk membongkar sendiri ya, bawa ke Service Center ASUS saja, karena produk ini masih baru. Terima kasih.

      Hapus
  20. permisi pak, saya mau bertanya
    netbook asus x201e ini batrenya emang ga bisa dicopot ya?
    soalnya ga ketemu slot buat ngelepas batrenya
    mohon bantuannya pak, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya bisa dilepas, tapi harus bongkar casing secara keseluruhan. Karena ini sepertinya mirip dengan produk Apple yang memakai baterai tanam. Sangat disarankan untuk cara bongkarnya di Service Center ASUS. Trims.

      Hapus
  21. benarkah baterai asus x201e tidak bisa dilepaskan? saya sbg pmilik jadi bingung
    mohon bantuannya pak, trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dilepas sih, tapi musti bongkar casing keseluruhan.Dan itu sangat tidak disarankan untuk membongkar sendiri. Bawa ke Service Center ASUS.

      Hapus
  22. maaf,mau tanya,saya punya notebook ini tapi blutoothnya gag bisa.
    bagaimana caranya agar bisa digunakan??
    terimakasih..
    jawab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau boleh tahu, pakai OS apa ya ? Apakah driver Bluetooth sudah ter-install ?

      Hapus
    2. untuk os,W7,drivernya sdah terpasang.

      Hapus
    3. Mohon maaf , untuk Laptop tipe ini. Ternyata , setelah saya cek tidak terdapat adanya Bluetooth.

      Hapus
    4. Kacau memang ASUS type X201e ini. Padahal tertera di Spec-nya "Built-in Bluetottth TM V4.0", itu artinya anda semua bisa menilai produck ini....

      Hapus
    5. Memang antara spec yang tertera dan kenyataan produk yang dikeluarkan Asus terdapat perbedaan yang bisa membuat konsumen seperti kita kecewa berat. Sebelumnya saya juga sempat bertanya kepada pihak penjual apakah memang ada fasilitas Bluetooth-nya, mereka menjawab "Tidak Ada". Tapi, di spec tertera "Ada", lalu mereka menjelaskan bahwa itu kesalahan penyebutan pada spec. Kok bisa ya ? Aneh .

      Hapus
    6. saya juga baru beli minggu lalu notebook ini dan menggunakan OS win7 64bit.. dan sudah ada bawaan bluetooth-nya, sayang banget ga bisa di fungsikan.. gimana ini yaaa? :(

      Hapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Download aja di Situs resminya ASUS,kalau CD Driver bawaan kan buat OS Windows 8 64bit. Saya rasa kalau Corel Draw yan versi X3 atau X4 masih sanggup. Saya sudah install Autocad 2007 32bit, lancar-lancar aja kok. Kalau tidak bisa, coba versi yang lain. Terima kasih.

      Hapus
    2. Sama-sama mas, terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus
  24. mas joe saya mau tanya asus x201e diinstal windows 7 64 drivernya lengkap smua kan? n diinstal corel ato photoshop cs4 kuat ngak mas? suwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Download aja di Situs resminya ASUS ,kalau CD Driver bawaan kan buat OS Windows 8 64bit. Kalau untuk Photoshop yang versi CS4 mungkin belum bisa ya, karena butuh spesifikasi yang cukup, coba dulu saja. Kalau tetep tidak bisa, coba versi yang CS2 misalnya, toh perbedaan versi juga tak terasa kan ? Saya sudah coba install Autocad 2007 32bit, lancar-lancar aja kok. Terima kasih.

      Hapus
  25. o..ya klo corel katanya ngak kuat ya mas?:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beberapa waktu yang lalu, saya coba Corel Draw X5 Portable ,berjalan lancar,meski ada beberapa saat lag,tapi tak seberapa mengganggu kok. Terima kasih.

      Hapus
  26. Malam Mas aku barusan beli asus x201 e sudah terinstal win 7 prof non orig ,api wifi kok gak isa konek ya. Mohon Pencerahannya mas. dari hendrayana semarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah driver wifi sudah ter-install sesuai dengan OS yang dipakai ? Download saja di situs resmi ASUS, sesuaikan dengan OS yang Anda pakai.

      Hapus
  27. Mas joe itu asus x201e tu bahan stainless ato plastik mas? o...ya menurut mas dipake enak n berat ngak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya sih bahannya Stainless. Ini sangat ringan mas, lebih enak kalau dibawa-bawa ke mana-mana kok. Saya udah bawa ke mana-mana tuh, gak ngerasa kalau bawa Laptop, hehehe..

      Hapus
  28. Mas Joe, saya rencana mau beli netbook ini.
    Sebener ny masih agak bingung memutuskan antara Asus X201E dgn HP Pavilion DM1-4000...hehe
    Saya tertarik dgn Asus ini karena segi processor intel ny & tentu desain ny sendiri yg tampil beda dgn netbook secara keseluruhan.

    Utk mas Joe sendiri, lama charge netbook ini dalam keadaan mati/nyala sampai full perlu brp lama ya?
    Kira2 segi ketahana batere dipakai dlm keadaan aktif kerja (ngetik+browsing+music+dll) tahan brp lama?
    Soal ny sempat baca review2 batere ny yg agak kurang bagus.
    Perlu waktu 4jam lebih utk full charge.

    Oh iya 1 lagi, utk buka film kualitas HD atau BBRip ada lag ga ya?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk desain, menurut saya lebih unggul Asus. Jika Mas Endi lebih menyukai prosesor AMD,tentu merk HP jadi pilihan, dan mengesampingkan desain tentunya. Betul sekali Mas Endi, untuk charge baterai Laptop ini membutuhkan lebih dari 4jam. Dan pemakaian yang sangat tak bisa lama menurut saya, sekitar 3jam-an. Untuk memutar film sekelas BluRay atau HD, tentu tak mengalami masalah mas. Tapi, itu semua tergantung Anda juga tentunya. Kalau menurut saya sih sudah lebih dari cukup ,untuk kegiatan saya sehari-hari yang tak terlalu membutuhkan kerja berat di laptop dan ringan kalau dibawa kemana-mana.

      Hapus
  29. karena baterai laptop ini tidak bisa lepas-pasang dengan mudah, apakah baterainya sudah memakai chip pengontrol yang akan memutus proses charging ketika baterai sudah penuh? (artinya ketika baterai sudah full, laptop 100% hanya menggunakan daya dari lilstrik dan mem bypass baterai). Karena kalo tidak ada, saya pikir baterainya akan cepat aus, karena siklus charge baterainya akan semakin cepat terlampaui...mohon bantuan informasinya...trims....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya, untuk baterai model sekarang sudah terpasang pengaman untuk memutus proses charging jika sudah penuh. Karena, jika tidak, maka baterai atau hardware di Laptop akan cepat aus. Jadi betul apa kata Mas Taibin .

      Hapus
  30. knp ya?? fnnya tidak berfungsi trus kameranya juga mohon blsnnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fn tidak berfungsi bagaimana mbak ? Untuk kamera pada Laptop, apakah sudah ter-install driver dengan benar ? Kalau sudah ter-install, coba install software camera dari pihak ketiga mbak, semisal Cyberlink YouCam, ManyCam dll yg byk beredar di internet,cari yg free saja mbak. Karena Laptop ini tidak menyediakan software untuk menampilkan camera seperti yg saya sebutkan tadi.

      Hapus
    2. oh.. udah bisa kok,, kalo skypan cuman foto blm bisa mungkn krna blm instal software itu ya?? tp kalo donload life frame yang asus tipe lain bisa gak ya???

      Hapus
    3. Iya mbak. Coba di-install software camera dari pihak ketiga aja mbak. Coba aja di-download mbak tuk Asus Life Frame-nya dari tipe lain. Terima kasih mbak.

      Hapus
  31. Betul Mas, pada saat saya membeli Laptop ASUS Seri X201e, saya Merasa tertipu Oleh "Penjual" dan "Spek" yang tertera dalam kemasannya, sebagai mana tertera dalam speknya yaitu "BUILT-IN Bluetoot TM 4"itu artinya Bluetooth sudah termasuk didalamnya, mungkin bahasa inggris saya yang salah atau memang pihak ASUS tidak ngerti bahasa inggris?, sialnya pada saat saya beli, si penjual bilang "maaf mas untuk bluetooth-nya belum bisa diunakan karna kami salah install windows, kami menginstallnya pake WIN7 harusya pake WIND8 jadi bluetotthnya gak bisa di cek" ya... karna memang produck ini baru jadi gw percaya aja tanpa ada perdebatan yang panjang, pas sampai rumah gw langsung install win 8 berharap Bluetoothnya hidup dan ternyata....sompret bin kuampreett!!! gw dikacangin, bluetotthnya gak nyala, saking kecewanya gw download bermacam2 Draiver bleutooth untuk win8, padahal tombol F2 dan dibawah kanan laptopnya ada lambang Bluetooth, ancurrrrr daahhh ancuuurrr kecewe bin kecewa gw!.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitu berarti-nya Bluetooth ya mas ? Hehehe ,, Betul juga mas, saya sempat kecewa tapi apa mau dikata, untung saja produk ini masih bisa diandalkan tuk yang lain dan sangat menunjang pekerjaan saya yg dituntut sangat mobile membawa laptop yg harus ringan. Mengesampingkan tidak adanya fasilitas Bluetooth yg amat sangat disayangkan. Dan Bluetooth ini hanya terdapat di seri diatas X201E, amat sangat disayangkan. Walaupun kita masih bisa beli USB/Dongle Bluetooth yg murah itu, tapi kita tetep merasa kecewa.

      Hapus
  32. pak.. untuk masuk bios harus tekan apa ya? saya coba tekan f2 kok tidak bisa. trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba tekan "esc" atau "delete" , karena tiap laptop itu biasanya beda caranya .

      Hapus
  33. awalnya kaget dengan temperatur panas pada asus x201e (http://maswidya.blogspot.com/2013/02/asus-x201e-panas.html),lama kelamaan terbiasa.yang penting asus ini sudah pakai baterai lithium polymer yang jauh lebih awet dari lithium ion.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau punya saya belum pernah sampe panas banget mas, hehe.. masih dalam kondisi wajar aja kok.

      Hapus
    2. kalau boleh tahu berapa temperatur asus x201e kamu dalam keadaan buat browsing atau internetan dan pake udara alami atau pake bantuan kipas angin n AC gak di saat buka ultrabook x201e tersebut?

      Hapus
    3. Saat saya pake browsing,ngetik di ms word,sambil charge batrei,mulai nyala jam 8pagi sampe jam 2siang, berkisar di temperatur 70derajat celcius. dengan kondisi udara alami,tak memakai bantuan alat pendingin apapun , kondisi casing keyboard masih tetap dingin. Dengan pengukuran menggunakan CoreTemp .

      Hapus
  34. mas mau download win8 gmana caranya. mohon di bantu, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maunya download dari mana mas ? Dari Microsoft kah ?

      Hapus
  35. saya ada beberapa pertanyaan ni mas, tolong bantu saya mas. Begini pertanyaannya :

    1. saya agak bngung ni. Rencana saya akan membeli netbook asus x201e ini, saya bingung, lebih baik asus x201e atau acer 756 ya mas? karena dari segi procie asus x201e dengan celeron 847 @ 1.1 Ghz kalah dengan procie acer 756 yang menggunakan intel celeron 877 @ 1.4 Ghz. Lebih baik mana ya?

    2. antara asus x201e dengan produk asus lainnya yang menggunakan prosesor berbasiskan amd eg. e-450, lebih baik mana ya mas? sekdar perbandingan antara asus x201e dengan asus 1225b?

    note:
    - yang saya utamakan disini hanya kecepatannya saja mas, masalah grafik saya tidak terlalu memusingkan.

    terimakasih mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau melihat procie yg lebih tinggi milik Acer, tentu itu juga kembali ke keputusan Anda lagi. Karena untuk segi procie yg di atas milik ASUS ini , saya juga mungkin akan lebih memilih si Acer yg lebih tinggi procie-nya. Tapi , saya juga pasti mempertimbangkan si ASUS yang berpenampilan lebih keren ini. Silahkan untuk memilih yg terbaik buat Anda dan sesuai dengan keinginan Anda. Terima kasih sudah berkunjung di blog ini .

      Hapus
  36. Mas, komputer asus x201e led wifinya bisa nyala ngk ?. Saya pakai windows 7 64 bit tapi led wifinya ngk nyala soalnya, jadi penasaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah sudah ter-install driver untuk wifi Windows 7 64bit ?

      Hapus
  37. di youtube gw liat ada yg bisa maen pes 2013 pake neti ini,

    ada yg pernah coba???

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum pernah nyoba yg game2 berat,mungkin Anda bisa mencoba dulu trs di-share deh tentang kehebatan laptop ini ,hehe ..

      Hapus
  38. saya beli x201e ini 4 hari yang lalu mas,
    tapi hari ini bermasalah dengan layar.
    jadi layarnya ini ketika diturunkan (seperti hendak ditutup) layarnya pasti mati,
    kalau di ke ataskan lagi (seperti akan di buka) layarnya nyala lagi.
    kenapa ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa di-setting kok di pengaturan-nya mbak Glemonde . Itu seperti mode sleep gitu mbak. Jadinya kalau layar di-tutup akan mati , dan jika layar di-buka kembali akan menyala secara cepat mbak . Gunanya untuk menghemat batrei juga kan ? Biar tidak nyala terus . Terima kasih atas kunjungannya .

      Hapus
  39. salam kenal mas, mau sharing:
    saya berminat untuk beli asus x201e atau eepc 1025c
    menurut mas gmn?

    untuk warna white dari asus x201e GLOSSY atau Dop?
    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk warna back cover dari ASUS ini , setahu saya sih selain warna hitam yg cover-nya agak nge-doff tidak ada mas Tedy. Untuk warna putih ama biru-nya glosy mas. Menurut saya sih keren yang hitam mas. Sangat elegan dan gimana gitu ,, hehehe.. Tapi , semua itu tergantung selera lagi deh . Terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus
  40. Pak Admin,saya juga menggunakan notebook ini,tpi saya install win 7-32bit,apa itu sdh cukup ato harus upgrad windowsnya.Terima kasih penjelasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau upgrade OS tentu tergantung si pemakai-nya Pak. Apakah memang membutuhkan OS Windows yg terbaru ataukah masih bisa bertahan dengan OS yg sekarang . Kalau ingin belajar lebih lanjut lagi , tentu membutuhkan upgrade OS baru Pak. Jika memang dirasa sudah cukup dengan OS yg sekarang Bapak pakai, ya tidak usah Pak. Semua juga tergantung dari kenyamanan si pemakai OS-nya Pak. Hehehe .. Terima kasih sdh berkunjung .

      Hapus
  41. mas bro,review nya mantep bener !!!!
    saya berencana ngambil subnotebook ini nih buat bikin pi and skripsi saya kedepannya

    batere sampe sekarang gimana bro ??
    tahan berapa jam ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mas Dhanny , Batrei sampe sekarang saya pakai aman-aman aja kok, belum ada gejala-gejala yg mencurigakan mas,hehehe,, karena memang saya pakai buat sesuai dgn pekerjaan saya kok mas. Untuk ketahanan batrei-nya masih berkisar di seputaran kurang lebih 4jam-an untuk pemakaian standart. Semisal , ngetik sambil browsing . Selamat memiliki Notebook ini mas .

      Hapus
  42. punya saya sudah pernah diinstal win 7 dan 8, semuanya 32 bit. ga ada masalah berarti. cuma pas instal win 7 beberapa driver bawaan tidak compitabel. jadi harus download lg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang banyak keluhan di saat pengguna laptop ini menggunakan Win 7 yg 32bit maupun 64bit, driver yg tak kompatible maupun hardware yg terkadang tak mau di-install driver hasil download dari situs resmi. Kalau saya menyarankan, pakai saja yg OS yg memang kompatible dgn laptop ini, Windows 8 64bit. Seperti yg disarankan oleh pihak ASUS. Meski kita dihadapkan oleh masalah baru, belajar OS baru lagi.

      Hapus
  43. saya bingung mau beli asus x201e atau asus 1225b?bagusan mana si?thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya lebih prefer ke X201E ini. Karena desain yg saya suka dan tentunya tujuan saya membeli laptop yg menurut saya pas dengan pekerjaan saya. Kalau menurut mbak Dezy lebih memilih tipe lain, ya itu kembali ke pendapat masing-masing individu. Karena,menurut kabar belakangan ini,bahwasanya netbook yg berlayar 10inch akan semakin dikurangi produksi. Dan bisa juga akan ditarik dari peredaran. Saya lebih prefer memilih yg tipe X201E mbak. Terima kasih .

      Hapus
  44. pak modem yg support nih notebook apa aja??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kira semua tipe modem yg support Win 7 biasanya support juga di Win 8 kok. Tergantung dari penerimaan sinyal aja di wilayah Anda. Bisa GSM atau CDMA EVDO . Tinggal pilih aja.

      Hapus
  45. fix beliin ini laptop buat pacar tercinta
    makasih reviewnya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okey mas Ari, semoga menjadi pilihan yang tepat buat mas dan pacarnya, hehehe ,,, Terima kasih sudah berkunjung .

      Hapus
  46. Wuuuiiiiih... manteeep nih,,, bener-bener komplit gan,,
    Siip deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih gan sudah berkunjung .

      Hapus
  47. Wahh ... Mantepp Joee ... :)
    Semoga suksess ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks mas . Kita tunggu kritik dan sarannya dari Anda.

      Hapus
  48. masbro, aq pake x201. saat pemakaian, aq cas ulang. setelah beberapa saat aq shutdown. ternyata di layar muncul perintah utk tdk mematikan/mencabut charger sampe hitungan tertentu. setelah mati otomatis, aq hidupkan lagi, ternyata muncul “preparing configure windows update”, nunggu beberapa hitungan lagi. mati lagi, lalu hidup lagi dengan bunyi tulisan sama. trus muncul FAILURE CONFIGURING WINDOWS. DO NOT TURN OF COMPUTER. Trus RESTART sendiri…… HIDUP, tapi kok bunyi mesin jadi bising…. terdengar bunyi ” KRETEK-KRETEK” dan indikator penyimpanan memori internal berkedip terus. apakah ini masalah serius? apakah ada kerusakan pada hardware or softwarenya makasih pencerahannya…..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya ada masalah di hardware ya mas ? Coba cek saja di Service Center ASUS . Apalagi masih dalam masa garansi kan ? Sebelum semuanya terlambat .

      Hapus
  49. Mas, mau tanya kalo di compare dgn Asus S200E iCore 3 bagaimana ? lalu antara AMD dan intel plus/minus nya apa ya ? tks Irwan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dicompare dengan Asus S200E yg sudah core i3, tentu tipe X201E tak ada apa-apanya donk :) -- tentu saya juga memilih Tipe itu, karena disamping prosesor yg sdh mumpuni dan ditambah lagi layarnya sudah multitouch alias layar sentuh khas Windows 8. Hanya harganya saja yg gak pas dikantong saya :( -- Kalau plus minus AMD dan INTEl sudah banyak yang membahas tentang hal ini, coba browsing di internet. Pasti banyak situs-situs yg membahasnya. :)

      Hapus
  50. mas , saya beli netbook asus x201e 1 minggu yang lalu, saya di instalkan windows8 32 bit, apa itu sudah prosedur dari asus, trus saya coba keraskan speaker kok suaranya agak pecah ya ? saya lihat di blog katanya di download dulu sonic masternya ? mohon pencerahanya sekaian link sonic master W8 32 bit nya.
    thanks sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang saya ketahui adalah Tipe ini lebih baik di-install Windows 8 64bit. Karena menurut pengalaman teman-teman yang sudah share di mari, bahwasanya banyak sekali trouble yang terjadi ketika mereka menginstall yg versi 32bit. Mungkin saja Asus memang menujukan tipe ini di Windows 8 64bit. Apalagi RAM 4GB yg sdh mendukung untuk 64bit. Jika anda install versi Win 8 64bit, tentu tak mengalami kendala yg berarti, semua kemungkinan akan berjalan normal, termasuk fitur sonic master asus.

      Hapus
  51. oh,, gitu ya mas, terimah kasih banyak ya atas infonya sangat membantu .
    oya, kalau mau ganti ke windows 8 64 bit apa langsung tempat penginstalan saja atau bisa download windows 8 64 bit langsung install ??? soalnya saya g tau instal windows

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mas Fatrah punya rejeki lebih, bisa beli Win 8 64bit yg legal saja, :) . Kalau tidak, bisa download di internet juga banyak kok yg menyediakan ,:). Setelah download bisa langsung di-install aja kok mas,jgn lupa diformat dulu harddisk yg akan di-install Windows-nya.Backup data penting dulu. Biasanya sih install Windows kan di drive C.

      Hapus
  52. mas bro, kok kontrol FN + F9 g bisa, saya mau men nonaktiaktifkan panel sentuh caranya gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah bener kok, Fn + F9. Apa driver semua sudah terinstall dengan benar?

      Hapus
  53. mas asus saya kebetulan habis di inul. tapi kok habis di instal ulang indikator wifi gak nyala, tapi dibuat konek bisa dan ada list wifi availablenya. terus launchernya jadi gak ada (kalau yang misalnya habis turn on wifi kan ada launcher wifi on, itu gak ada sama sekali)

    itu kurang driver atau gimana ya? sebelumnya normal semua, os nya sama. 7 64bit juga seperti sebelum di inul, tapi sebelum di inul semua normal termasuk lampu indikator wifi dan launchernya.
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah mbak Nita sudah instal semua driver dgn benar ? Kemungkinan besar ada yg berhasil instal driver dan ada yg tidak, tapi semua fungsi masih normal. Produk ini memang ditujukan untuk Windows 8 64bit. Jadi, banyak sekali kendala di saat user instal dgn WIn 7 64bit maupun 32bit.

      Hapus
    2. iya mas ternyata meman kurang driver. sekarang sudah lancar semua.

      oh ya, info aja yang diinstal windows 7 64 bit dan lampu indikator wifi nya nggak nyala coba cari driver wireless console 3. aku dapetnya dari web asus tapi dari page asus x45a, enggak ada di page asus x201e ini.
      semoga berguna :D

      Hapus
    3. OK mbak. Senang bisa membantu. Info-nya sangat bermanfaat bagi user yg lain. Akan saya tambahkan di postingan. Terima kasih.

      Hapus
  54. Mau tanya..
    Kalau bataerai nya cuman tahan sampe 2 jam aja, apa normal pak? saya baru beli 2 hari yang lalu. os pake win 7

    BalasHapus
    Balasan
    1. Normal kok, mengingat produk ini baterai-nya "hanya" 2-cell dan jangan heran jika pada proses charge nantinya akan "sedikit" lama dari Notebook yang lain. Karena, output power adaptor yg kecil. Sangat beda dengan produk yang lain. Mungkin untuk memangkas harga, sehingga mengorbankan spesifikasi.

      Hapus
    2. Tapi punya mas joe aja bisa sampe 4 jam. apa gara-gara pake win 7 ya.. padahal cuman buat browsing doang
      Kalau mengecas lumyn cepat 2jam aja kalau dlm keadaan mati.

      Hapus
    3. Ah, itu hanya kisaran 4jam aja kok. Itupun pemakaian dibatasi, alias browsing, buat laporan Excel, plus dengerin music. Saya pake Win 8 64bit, sesuai anjuran dari ASUS-nya sendiri. Bisa juga mempengaruhi kayaknya. Coba baca tips berikut --
      http://joemulyono.blogspot.com/2013/01/tips-membuat-baterai-notebook-netbook.html
      Semoga bermanfaat ^_^

      Hapus
  55. mas lapotopnya saat mau dinyalakan malah langsung shuting down tapi ga mati2, sebelumnya baterainya tinggal 10% lg. tolong solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba sambil colokkan charger, apakah masih seperti itu? Bisa juga karena daya baterai tak cukup untuk power on. Usahakan setting peringatan baterai low ke 30% saja, jadi tak sampai habis benar baterainya.

      Hapus
  56. Pak mohon bantuan, asus x201e ane kok sehabis diinstal 0ffice 2013 mala ga bisa shutdown ya? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa sudah install dgn benar ? Ataukah installer-nya Office yg bermasalah sehingga menyebabkan Windows crash ? Coba pakai installer office yg lain.

      Hapus
  57. makasih infonya sob.. sy baru aja bellikan adik saya nih netbook.. klu ada masalah, nnti sy konsul ama km aja sob..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mas Ari. Semoga bisa membantu dan kita sama-sama bisa memecahkan masalah nantinya . Selamat menggunakan Asus-nya ya ..

      Hapus
  58. mas laptop x201e ane kok jika keboard di tekan @ yang keluar malah " itu gimana yah mohon pencerahannya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya itu kotor di sela2 keyboard-nya, coba bersihkan dulu di sela2 keyboard..

      Hapus
  59. mas laptop asus x201 e saya ada masalah ni. ketika tombol power aku hidupkan, dilayar ada tulisan asus pc locked. layar warna biru ada avatar nya, dan saya klik dimana mana ga bisa. ga ad loading windows 8 juga. kenapa ya? mohon bantuan informasinya. rrimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum hal itu terjadi, apa yang sudah Mas PeJeNet lakukan sebelumnya ? Mungkin secara tak sengaja sudah meng-aktifkan fungsi lock pada laptonya ? Coba install ulang lagi dengan Windows 8 mas..

      Hapus
  60. solusi mengatasi laptop ni yg gak masuk di charge gmn ya mas, keterangannya "plugged in, not charging". Tolong pencerahannya min ke email ane rizq_sopiyan@yahoo.com

    BalasHapus
  61. Mas harga segitu tuh sewaktu beli apa sudah termasuk windows 8 nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak Mas Alif, ini saya dapat Windows 8 free trial 30hari. Beli aja Win8 Legal Mas.. hehehe . Hanya DOS waktu pembelian.. Dan direkomendasikan untuk laptop ini adalah OS Windows 8 64bit.

      Hapus
  62. saya udah makai asus x201e hampir setahun
    skrang sya menghadapi masalah... notebook ane ridak mau menyala
    di charge, tidak ada lampu indikator yg mnyala
    tlong kasih pencerahanny maa admin
    soalnya asus centre si daerah saya belum ada....trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti tidak mau menyala sama sekali ? tidak mau di-charge ? atau cuma indikator tidak menyala ? coba cari Asus Center di kota terdekat Anda. Semoga bisa membantu.

      Hapus
  63. Mas saya donld game angry brd dari google trus sya instal ke x201e ini ko gk ke buka ya mlah ada bcaan "openGL 2.0 renderer not supported" tpi pas sya coba di acer pny adik kga ada mslh,, tu knp y mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba tips dari situs ini,
      http://toptengeek.blogspot.com/2012/12/angry-birds-open-gl-error-fix.html
      teman saya berhasil dengan tips dari situs tersebut, semoga bisa berguna.

      Hapus
  64. Mas, saya pake win 7 64 bit di laptop asus ini. pas mau koneksi pakai wi-fi, kok laptopnya gabisa detect wi-fi ya? itu kenapa ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa driver wifi-nya sudah ter-install ? apakah driver-nya sudah sesuai dgn OS-nya ? Disarankan menggunakan OS Windows 8 64bit, karena laptop ini sepertinya didesain untuk OS tersebut. Saya memakai OS WIn 8 64bit dan tidak menemukan kendala seperti yang Anda alami. Semoga bisa membantu.

      Hapus
  65. Buat Sobat yang mengunakan netbook ASUS seri X 201E, mau menggunakan OS windows 7 / 8 / 8.1 ( 32 bit atau 64 bit ) nggak usah takut drivernya nggak support, memang sih di situs resminya dukungan driver hanya support 64 bit saja. saya udah test windows 7 dan 8.1 32 bit , menggunakan DPS . lancar jaya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, info yang bagus tuh Mas Rudy. Bisa share bagaimana caranya agar lancar menggunakan Windows 32bit ya ? Bisa share dikit di sini, biar kita semua bisa install Windows yang 32bit juga tentunya. Terima kasih sebelumnya.

      Hapus
  66. baru 2 bulan yang lalu, beli notebook ini ternyata memang ga support bluetooth yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali Mas Anton, notebook ini memang tak support Bluetooth . Terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus
  67. gan mau tanya,, cara screenshoot pada netbook asus X210E ini gmna> mohon info nya ya . trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau screenshot layar pada laptop/pc, bisa gunakan tombol keyboard (prt sc) dan software pada windows (snipping tool), untuk lebih jelasnya bisa kunjungi Link berikut ini "

      http://joemulyono.blogspot.com/2013/11/tutorial-mengambil-screenshot-pada.html

      Hapus
  68. kl azus pc 1015E menurut bpk gmn? kelebihan & kekurangannya apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dilihat dari spesifikasinya yg tergolong netbook berbasis layar 10.1",tentu ini tergantung Anda juga,mau dipakai apa netbook ini? Istri saya juga memakai netbook ini kok, selama ini lancar-lancar saja,dengan pemakaian yg wajar tentunya. Karena, netbook ini seperti dirancang untuk bekerja di segmen yg tak memerlukan pekerjaan yg ekstra. Hanya cukup untuk edit dokumen, memutar film, atau sekedar mendengarkan musik. Main game ringan juga bisa kok, hanya saja dgn layar 10.1" yg terbatas menurut saya. Lebih berat dari pada seri X201E,meski sama2 tak memiliki DVDROM. Hanya unggul di fisik baterai,yg jika rusak bisa langsung ganti,tak harus di SC Asus. Mungkin itu saja pendapat saya. Terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus
  69. gan nih minat beli asus x201e intel 1007u + win 8 64bit berapa harganya ???
    buat pelajar yg jarang main geme tapi suka browsing

    di tunggu jawabanya ;) :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau harga pasaran sekarang sih, Asus X201E sekitar 3,1jutaan + Windows 8 64bit original sekitar 1jutaan. Total aja deh berapa itu, hehehe,,, sediakan budget 5jutaan mungkin dapet. Terima kasih.

      Hapus
  70. Mau nanya nih , punya ku ko layarnya ga mau nyala ya ??? pas takan tombol power lampu wi fi sama lampu indikator daya nya aja yang nyala . tapi layar sama sekali ga nyala . padahal sebelumnya normal'' aja . udah aku coba sambil cas. ttep ga bsa. pas sebelumnya aku matiin kondisi batrei dalam keadaan full.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin ada sedikit masalah ke hardware-nya, coba bawa ke service center aja :)

      Hapus
  71. assalamualaikum pak,
    sya minta bantuannya,
    saya punya asus x201e mau di instal ulang ke win8.1 tapi pas selagi booting itu gagal terus, kenapa ya, apa yang harus di setting dulu ?
    pas saat booting keluar pesan "no DEFAULT or UI configuration directive found !"
    atau saya minta cp nya dek pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin ada salah satu proses penginstalan yang gagal, atau CD OS yang cacat :) Coba install ualang lagi menggunakan OS Win 8 yang lain .

      Hapus
  72. mas bro, notebook saya setelah di instal ulang kok waktu booting lama sekali, bisa 15-20 menit baru nyala, kira-kira kenapa ya? saya pake windows 8..terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ada salah satu masalah di startupnya, banyak program yang berjalan di awal start,

      Hapus
  73. saya sudah sekitar sebulan menggunakan asus tipe ini, dan setiap saya charge, 94 persen lampunya dari warna orange berubah menjadi hijau. apakah notebook ini tidak bisa dicharge sampai 100 persen yah, mohon, bantuannya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang saya alami sih biasa saja, bisa charge hingga 100% kok, memeang waktu yang dibutuhkan agak lama dari notebook kebanyakan, karena output charger yang lebih kecil dari output charger normal lainnya.

      Hapus
  74. Ada yang punya masalah dengan charger laptop asus tipe ini ga? saya beli charger ini sekitar bln agustus tahun lalu, charger saya tdk berfungsi, awalnya masih bisa tetapi pangkal kabelnya mesti ditekan2, lalu skrng sudah benar2 tdk berfungsi, sy pikir kabel charger nya putus, tp ketika sy buka tdk putus, kira2 masalahnya apa ya? padahal baru 6 bulan sy beli...

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dicek ulang ke service center-nya ,Mbak . Karena, bisa juga yang bermasalah adalah lubang charger itu sendiri yang agak sedikit goyah, jika disaat menggunakan sambil di-charge apakah pernah ketarik colokan charger-nya ?

      Hapus
  75. salam pak, windowsnya pake yang berapa bit? saya udah coba instal pake win 7 tapi ngak mau..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam juga :) , Saya pakai Windows 8 64bit, teman saya memakai Windows 7 32bit juga bisa kok, mungkin ada proses yang kurang saat peng-instalan ? Atau DVD Windows 7 yang sudah corrupt, coba pakai DVD Windows 7 yang lain.

      Hapus
  76. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya menggunakan OS Windows 8 64bit, tak menemui kendala, seperti yang Mas Imam alami saat ingin menonaktifkan Keypad pada Notebook ini. Mungkin ada beberapa driver yang mengalami corrupt.

      Hapus
  77. gan, mau tanya bagaimana kalau notebook ini setelah diinstal windows 7 32 bit, lalu diinstal drivernya, ternyata CD drivernya salah alias CD asus tipe lain, jadi tampilannya gak sesuai? Tolong jawab ya gaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah instal CD driver dgn tipe lain, tentunya akan berpengaruh dgn kemampuan notebook tersebut, berarti Anda musti coba instal kembali dgn cd driver yg sesuai dgn tipe-nya.

      Hapus
  78. bisa gak gan asus x201e yg prosessor a Intel di ganti ke N-vidia???

    BalasHapus
  79. mas mau tanya kalau seumpama pc asus x201e ini ditambah kapasitas hardisknya bisa nggak .,,
    trus klow buat kerja desaint lebih dari 2 jam udah panas ,...tolong solusinya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo untuk nambah kapasitas atau ganti harddisk bisa kok Mas Bagus , klo menambah kapasitas RAM yang tak bisa. Untuk solusi-nya sih, biasanya klo cepat panas, berarti Notebook sudah diajak "bekerja keras", istirahatkan dulu beberapa saat, agar komponen tidak cepat rusak, atau bisa diberi tambahan cooler pada Notebook, untuk sekedar membantu proses pendinginan :) - Semoga membantu :)

      Hapus
  80. mas mau tanya kok layar saya ga bisa nyala kalo ga dicolokin chargerannya, tp giliran dicolok langsung nyala lagi. apa ada pengaturannya? atau layarnya yg bermasalah? karna waktu layar mati mesinnya tetep jalan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa cuma layarnya aja yg gak mau nyala? lampu indikator apakah nyala kedip2 atau tidak mas? mungkin, ada masalah dengan baterai, vga atau bahkan layar Anda. Kalau masih ada garansi, cepat aja di cek ke service center Asus :)

      Hapus
  81. untuk indikator wifi tidak mau nyala download WIRELESS CONSOLE 3 UTILITY.di jamin tokceeeer

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mas Saiful atas petunjuknya :) semoga bisa jadi solusi kita semua .

      Hapus
  82. Gan ,, bisa nga' asus ini untuk instal dan main PES2013 ??
    Mohon infox..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau buat main game-game ringan sih lancar kok, tapi untuk PES2013 belum pernah mencoba-nya, mungkin di coba saja Mas Izan, sekalian untuk uji coba kelancaran-nya :) Terima kasih sudah mampir ke blog saya :)

      Hapus

Terimakasih Atas Komentar Anda

< >